Seperti Apa Perkembangan SEO di Indonesia? Berikut Rangkumannya!

zksnew.blogspot.com - Bagaimana SEO dapat berkembang dengan pesat d Indonesia sampai saat ini tentunya didukung oleh perkembangan penggunaan internet yang sangat pesat. Sebab, tak perlu diragukan lagi bahwa internet telah membuat proses pencarian dan penyampaian informasi menjadi begitu cepat dan efektif, bahkan efisien secara biaya dan waktu. Karena itu, tak heran kalau SEO lantas dimanfaatkan oleh para pemilik website atau blog, baik itu perusahaan besar, perusahaan UMKM, atau bahkan individu sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka.


SEO dan Mesin Pencari

Perkembangan SEO tak akan pernah lepas dari perkembangan mesin pencari. Sebab, teknik SEO dilakukan untuk meningkatkan peringkat dan nilai relevansi sebuah website berdasarkan kata kunci yang dimasukkan ke dalam mesin pencari alias search engine. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa tidak diketahui kapan tepatnya istilah SEO digunakan untuk pertama kali, nama SEO alias search engine optimization atau optimasi mesin pencari pun adalah nama yang masuk akal.

Perkembangan mesin pencari sendiri diketahui bermula sejak tahun 1990 sejak dibuatnya sebuah proyek sekolah yang berisikan arsip atau indeks berbasis teks berupa file yang bisa dibagikan lewat FTP atau File Transfer Protocol dengan nama Archie. Kemudian, lahirlah Gopher pada tahun 1992 yang merupakan search engine pertama yang memanfaatkan paradigm hypertext. Bertahun-tahun kemudian, tepatnya mulai dari tahun 1998, search engine akhirnya punya bentuk dan tampilan yang serupa seperti dengan search engine yang dikenal saat ini.

Pioner SEO

Selain berkaitan dengan perkembangan mesin pencari, perkembangan SEO pastinya juga berkaitan dengan perkembangan internet atau World Wide Web. Saat ini, mesin pencari didesain agar dapat melakukan pencarian menggunakan bahasa sehari-hari dan memunculkan hasil yang relevansinya signifikan.

Danny Sullivan adalah sosok yang dianggap sebagai pioner SEO lantaran penelitiannya mengenai mesin pencari yang dirilis pada April 1996. Penelitian tersebut lantas dikenal dengan judul “A Webmaster’s Guide to Search Engines”. Kemudian, Sullivan membangun website bernama Search Engine Watch di tahun 1997 yang membahas berbagai tips dan informasi, termasuk cara untuk memperoleh hasil baik pada search engine. Search Engine Watch lantas dijadikan sebagai acuan banyak pakar sebagai sumber yang wajib dibaca dan paling otoritatif bagi mereka yang ingin mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai mesin pencari.

SEO Sebagai Strategi Pemasaran di Indonesia

Seperti di luar negeri, perkembangan SEO pun termasuk menjadi salah satu strategi pemasaran, baik itu bagi pemilik usaha maupun profesional yang menawarkan jasanya, bahkan individu yang berbagi konten informatif di dalam blog mereka. Dan dengan perkembangan bisnis online saat ini, memanfaatkan SEO sebagai salah satu langkah memasarkan usaha secara online pun menawarkan solusi yang efektif dan efisien. Sebab, bayangkan saja bahwa keberadaan website Anda bisa diketahui oleh seseorang yang tinggal di pulau atau bahkan negara lain hanya dengan penggunaan teknik SEO yang tepat dan riset kata kunci yang baik!

Pengembangan SEO

Secara keseluruhan, maka perkembangan SEO dimulai dari kebutuhan untuk mengoptimasi website untuk membuat sebuah website mudah ditemukan ketika seorang pengguna internet memasukkan kata kunci tertentu. Dengan demikian, berbagai cara pun dicari agar website dapat mencapai peringkat yang lebih baik atau bahkan menempati peringkat utama di halaman hasil pencarian search engine.

Meski demikian, tentu saja teknik SEO yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut bukanlah sembarang SEO. Sebab, jika teknik yang dilakukan rupanya terlarang (blackhat SEO), maka efek negatifnya akan berdampak pada kelangsungan sebuah website.

0 komentar:

Posting Komentar