Mean Opinion Score - Listening Quality

Catatan Aplikasi ini menjelaskan metode pengukuran kualitas panggilan yang umum digunakan, menjelaskan metrik dalam istilah praktis, dan menggambarkan tingkat kualitas suara yang dapat diterima untuk jaringan VoIP.

Pengujian MoS dapat dikelola dengan berbagai cara, untuk mengukur kualitas percakapan (MoS-CQ) atau skor opini rata-rata kualitas mendengar (MoS-LQ). Pengukuran ini tidak memperhitungkan gema dan faktor lain yang dapat hadir dalam panggilan bi-directional.

Dalam Tes ACR (Absulute Category Rating), kumpulan pendengar menilai kualitas serangkaian file audio dengan menggunakan skala opini mulai dari 1 sampai 5:

Rating
5 : Excellent
4 : Good
3 : Fair
2 : Poor
1 : Bad

LQ-Mos : Good [ picture : doc. netscout test ]

LQ-Mos : Fair [picture : doc. netscout test]

LQ-Mos : Bad/Poor [picture : doc. netscout test]


Jadi, Mos-LQ / Listening Quality : Mengacu pada bagaimana pengguna menilai kualitas suara dari apa yang mereka dengar saat panggilan berlangsung.

Semoga Bermanfaat,

0 komentar:

Posting Komentar