Cara Check atau Daftar Vaksin Booster Melalui website PeduliLindungi.id atau Melalui aplikasi PeduliLindungi

zksnew.blogspot.com - Berikut ini Cara daftar Vaksin Booster Melalui website PeduliLindungi.id atau Melalui aplikasi PeduliLindungi

1. Cara Daftar Vaksin Booster Melalui website PeduliLindungi.id

Source Image : covid19.go.id

  • Masuk ke website pedulilindungi.id 
  • Cek status dan tiket vaksinasi dengan memasukkan: nama lengkap dan NIK 
  • Akan muncul status dan tiket vaksinasi


2. Cara Daftar Vaksin Booster Melalui aplikasi PeduliLindungi 

Source Image : covid19.go.id

  • Buka dan masuk ke aplikasi PeduliLindungi, kalau belum ada silahkan download terlebih dahulu di App store,
  • Masuk dengan akun Anda yang sudah terdaftar sebelumnya 
  • Klik menu profil 
  • Pilih status vaksinasi & hasil tes Covid-19 
  • Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun PeduliLindungi milik Anda 
  • Bagi Anda yang ingin cek tiket vaksin, silakan masuk ke menu: Riwayat dan Tiket Vaksin

Jika ini sudah muncul di App pedulilindungi anda, berati anda sudah siap untuk di vaksin booster


Silahkan share ke kerabat anda jika artikel ini bermanfaat
semoga kita dalam keaadan sehat selalu
Sumber dari : covid19.go.id

23.34.00 | 0 komentar | Read More

TOP 10 Programming Languages for 2022

TOP 10 Programming Languages for 2022

1. Python
2. Java
3. JavaScript
4. C++
5. C#
6. R
7. C
8. PHP
9. Ruby
10. Swift






Source ; WEF, GitHub, Fobes

09.58.00 | 0 komentar | Read More

TOP 10 Internship Sites for 2022

TOP 10 Internship Sites for 2022

1. Internships
2. Absolute Internship
3. Looksharp
4. Intern Queen
5. Careershift
6. GoAbroad
7. Experience
8. CoolWorks
9. HerCampus
10. SimplyHired
09.57.00 | 0 komentar | Read More

TOP 10 Education Sites for 2022

1. Coursera 
2. Edx
3. MIT Online
4. Harvard Online
5. Stanford Online
6. Yale Online
7. Udemy
8. Udacity
9. Khan Academy
10. Saylor

Source ; WEF, GitHub, Fobes

01.05.00 | 0 komentar | Read More

TOP 10 Job Sites for 2022

zksnew.blogspot.comTOP 10 Job Sites for 2022

1. LinkedIn
LinkedIn.com  atau LinkedIn App Merupakan sosial media yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. LinknedIn ini  merupakan  tempat "Terbaik untuk Terhubung Langsung Dengan Perekrut"

2. Glassdoor
Glassdoor.com merupakan situs web Amerika di mana karyawan dan mantan karyawan dapat meninjau perusahaan secara anonim. Glassdoor juga memungkinkan pengguna untuk mengirimkan dan melihat gaji secara anonim serta mencari dan melamar pekerjaan di platformnya.

3. Indeed

4. Monster
5. CareerBuilder
6. Dice
7. Google Jobs
8. Idealist
9. LinkUp
10. Naukri

Source ; WEF, GitHub, Fobes

00.52.00 | 0 komentar | Read More

MENCEGAH PRAKTIK KORUPSI DEMI KEMBALINYA HAK RAKYAT


“ MENCEGAH PRAKTIK KORUPSI DEMI KEMBALINYA HAK RAKYAT “
“Kemudian dari pada itu membentuk suatu pemerintah negara indonesia yang melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah  darah indonesia dan memajukan kesejahteraan umum “. Kutipan dari kalimat UUD 1945 telah jelas mengatakan  tujuan berdiri negara adalah tercapainya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Kemakmuran dan kesejahteraan yang tidak hanya meliputi penyedian akses masyarakat terhadap sangan dan pangan saja tetapi pelayanan sosial diberbagai bidang seperti penyedian pelayanan  kesahatan, pendidikan, energi dan infrastruktur oleh pemerintah kepada masyarakat Indonesia.
Ilustrasi. (WJtoday/Yoga Enggar

Andai founding father negara kita yang telah menyusun UUD 1945 kita masih hidup, tergoresla hatinya. Undang-undang yang telah mereka susun sebagai dasar negara, kini dikhianati oleh oknum-oknum tikus negara. Siapa tikus tersebut ? apa dampak kepada masyarakat ? entahlah, terlalu banyak bila dicerita satu persatu. Tunggulah sejenak! akan kumulai pada bait berikut.

Apakah kamu pernah merasa akses pelayanan warga negara telah dirampas sekelompok orang atau individu untuk kepentingan kelompoknya atau dirinya sendiri. Merampas dana yang sebenarnya diperuntukkan untuk mencapai kesejahteraan rakyat lalu dana tersebut dipakai secara agar mengeyangkan  individu atau kelompok mereka. Korupsi, kolusi daan nepotisme seakan menjadi budaya yang sudah mengakar dan  sukar untuk dibendung dengan tingkat kronis stadium empat. Pelaku tindak pidana korupi berasal dari mulai oknum pemerintahan, swata, pebisnis, politikus hingga kekuasaan terkecilpun seperti kepala desa ikut terseret godaaan pencurian uang negara. Eksodus besar-besaran terhadap harta negara bahkan mereka pelaku korupsi secara demonstratif memamerkan harta kekayaan seperti mobil mewah, rumah mewah, dan bepergian luar negeri dikala negara hampir bangkrut, sebagian besar masyarakat masih hidup dibawah garis kemiskinan. Tindakan mereka ini tidak memiliki “ sense crisis”.

Seakan tak habis diceritakan. Indonesia sekarang hanya menempati indeks korupsi sebesar 38. Korupsi diberbagai lini membuat lembaga anti rasuah KPK kerja ekstra. Berbagai cara dilakukan oleh koruptor untuk mengkorupsi uang negara mulai dari suap, gratifikasi hingga penggelapan pajak. Lambatnya proses izin adrimistrasi telah menjadikan suap sebagai perantara percepatan proses. Namun yang penulis takutkan, pengawas dan lembaga yang diawasi sama-sama melakukan tindak pidana korupsi, lalu siapa lagi yang bisa mengawasi ?. Negara ini pasti akan hancur, sebab hanya masalah bom waktu saja bila kondisi seperti tersebut dibiarkan secara terus-menerus.

Nukilan diatas mengambarkan kompleksitas permasalahan korupsi di negara Indonesia. Dikatakan kompleks karena mengakibatkan permasalah multi-dimensional. Ditambah tata kelola pemerintahan yang buruk. Atas kondisi tersebut, dibutuhkan sebuah lembaga yang kridibel dan indepedensi dari pihak manapun yang saat ini masih melekat di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kondisi sekarang ini sedang lagi menghadapi percobaan  dikebiri oleh beberapa pihak.

Kondisi tersebut semakin kritis manakala menilik kondisi existing berbagai sektor. Ketimpangan sosial, ekonomi, pembangunan, kesehatan, hingga pendidikan efek-multiplier yang ditimbulkan akibat korupsi. Dari segala aspek, aspek ekonomi yang paling dirasakan oleh masyarakat. Sebuah ironi, karena Indonesia dianugerahi sember kekayaan alam yang melimpah. Pembangunan dengan infrastruktur sebagai penyokong utama harusnya sudah bisa dirasakan benar-benar oleh masyarakat dalam menjalankan aktivitas ekonominya. Untuk itu rencana dan strategi ini patut diperjuangkan dan direalisasikan.

Indonesia Without Corruption
Adanya korupsi telah membuat disparitas kesejahteraan masyarakat. Harapan indonesia bebas korupsi akan berunjung membuat hidup masyarakat sejahtera sesuai amanat UUD 1945 dan memiliki peradaban yang maju. Paling tidak itulah yang ada dibenak penulis selaku masyarakat biasa. Lalu bagaimana cara strategi agar korupsi di Indonesia bisa hilang ? Yuk kita ulas satu-persatu.

1. Penguatan Lembaga KPK
Pasca reformasi, Indonesia mempunyai sebuah lembaga antirasuah yang didirikan tahun 2002. Namun secara perlahan waktu lembaga ini mulai digoyang oleh beberapa pihak untuk dilemahkan mulai dari lolosnya calon pimpinan bermasalah, wacana revisi  UU KPK bahkan ada wacana KPK dibubarkan. Sebuah kemunduran bila KPK dilemahkan disaat situasi korupsi sangat kronis. Perlu penguatan terhadap lembaga KPK untuk bekerja secara represif dan independen tanpa di intervensi pihak manapun dalam rangka membangun peradaban yang maju dan menyelamatkan keberlangsungan kesejahteraan rakyat.

2. Pembukaan kantor cabang KPK di setiap provinsi
Hampir semua menyepakati, korupsi tidak hanya terjadi ditingkat pusat. Data menunjukkan korupsi juga terjadi ditingkat daerah. Sejatinya perilaku korupsi terjadi kurangnya pengawasan suatu lembaga terindepedensi.
Terlebih pembukaan kantor cabang KPK disetiap daerah dapat mempersempit perilaku korupsi. Kpk bisa lebih represif mengingat OTT KPK selama ini banyak terjadi di daerah-daerah. Secara geografis KPK akan diuntungkan lebih mudah bekerja. Artinya, dengan pembukaan kantor cabang ini akan menimbulkan efek jera terhadap perilaku korupsi.

3. Pendidikan anti korupsi dan edukasi kampanye anti korupsi
Pendidikan merupakan langkah investasi jangka panjang sebuah bangsa. Penanaman pendidikan dan penyuluhan anti korupsi sejak dini membentuk sikap mental masyarakat agar bisa memproteksi diri dari prilaku koruptif. Di pendidikan sikap anti monyentek saat ujian melambangkan sikap menolak budaya koru. Anti kompromi terhadap perilaku suap-menyuap untuk mendapatkan sesuatu merupakan salah satu output yang ingin dicapai.Hal ini Penulis juga rasakan manfaat setalah mengikuti sekolah pendidikan anti korupsi sebuah LSM.

4. Modal Kampanye
Salah satu alasan klasik sesorang elit politik  korupsi adalah mengembalikan modal kampanye. Negara perlu memberikan fasilitas berupa modal kampanye sesorang, tinggal bagaimana si calon yang bertarung di kontestasi politik hanya datang dengan modal pemikiran dan gagasan.

5. Laporan Masyarakat
Untuk menghilangkan praktik KKN  perlu usaha-usaha besar, sebab pada hakikatnya pemberantasan korupsi tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah. Masyarakat perlu didorong aktif dan kritis tehadap korupsi pada sekitarnya, lantaran korupsi  bisa dipantau langsung oleh masyrakat seperti kualitas pembangunan sebuah proyek yang tidak sesuai RAP bisa langsung dilaporkan oleh masyarakat terhadap lembaga KPK.

6. Lembaga Satu Pintu
Semrautnya permasalahan perizinan diakibatkan tata kelola yang buruk. Sudah pasti hal ini berdampak pada perilaku suap-menyuap agar proses perizinan cepat dikeluarkan. Berbagai mis-manajeman pemerintahan sudah saatnya jadi pembelajaran.
Apalagi Indonesia memiliki banyak pemerintah tingkat I dan tingkat II. Tata proses  perizinan menjadi hal penting untuk menghindari praktik perilaku suap. Maka perlu diharmonisasikan proses suatu perizinan melalui jalur satu pintu.

7. Sistem Akuntabel Dan Trasparansi
Salah satu sektor yang rawan dikorupsi adalah pengadaan barang dan jasa. Banyaknya manipulasi biaya merupakan indikasi praktik korupsi. Sudah semestinya pelelangan pengadaan barang dan jasa dilakukan akuntabel dan transparansi.

8. Penerapan E-budgeting
Terakhir, pencegahan korupsi bisa dimanfaatkan di era kecanggihan internet. Pencegahan korupsi akan mengembalikan hak rakyat dalam menikmati anggaran belanja negara secara utuh demi kesejahteraan warga negara. E-budgeting dapat mengontrol belanja dan pemakaian anggaran secara akuntabel dan trasparan oleh intitusi pemerintah pusat, daerah hingga tingkat kepala desa.

9. Penegakan Hukum Secara Tegas
Pencegahan dan pemberantasan korupsi bukan hanya sebatas OTT dan penjara, tapi perlu akal dan cara sistem yang dirubah. Sehingga pemberantasan korupsi tidak hanya sebatas kurungan penjara bagi pelaku. Tetapi harus memiliki visi bagaimana Indonesia untuk 10, 100 tahun atau bahkan selama Indonesia berdiri.

Indonesia merupakan negara hukum. Artinya dimensi hukum harus menjadi perhatian besar dalam agenda pencegahan korupsi. Perlu dipikirkan efek jera apa yang akan membuat orang takut untuk melakukan korupsi, penerapan hukuman mati, pembukuan seluruh harta  dan pencabutan hak politik seorang koruptor misalnya ?
Dari sini dapat disimpulkan bahwa korupsi tidak hanya berdampak kepada ekonomi, pemerintahan, swasta teapi juga seluruh aspek kehidupan. Dengan demikian, pencegahan dan pemberantasan korupsi bukan hanya bergantung pada lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi, tetapi seluruh elemen bangsa Indonesia. Jika tidak kesejahteraan rakyat benar-benar menghilang, kemelaratan yang datang menghampiri.  

Penulis :
EGI FERDIAN
Mahasiswa Universitas Pertamina
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba kategori tulisan jurnalis warga “ Ayo ikut berantas korupsi lewat karyamu” yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

02.23.00 | 0 komentar | Read More

MULTIPLIER EFFECT KEPINDAHAN IBUKOTA NEGARA INDONESIA


MULTIPLIER EFFECT KEPINDAHAN IBUKOTA NEGARA INDONESIA


Doc Pribadi

Dalam perjalanan sejarah peradaban dunia, pemindahan ibukota negara merupakan perencanaan dan tindakan yang sangat lumrah dilakukan oleh suatu negara sepanjang perencanaan dan kalkulasi dilakukan dengan benar secara obyektif. Terdapat ada beberapa negara yang terlebih dahulu memindahkan ibukota negara ketempat yang baru seperti Korea Selatan.

Pemindahan ibukota negara ke tempat baru bukanlah tanpa alasan melainkan didorong berbagai motif dan latar belakang supaya negara tersebut berhasil dalam mencapai goalsnya.

Perlu diingat bahwa pemindahan ibukota negara lebih menjanjikan (perubahan) apabila dipertimbangkan dengan berbagai aspek mulai dari anggaran biaya, lokasi, luas lahan, dan daya tampung.

PERMASALAHAN KLASIK DI IBUKOTA

Jakarta salah satu kota terpadat didunia, banyak faktor menyebabkan laju pertumbuhan penduduk DKI terus meningkat setiap tahun, salah satunya adalah tingkat urbanisasi ke Jakarta yang mencapai 70.752 orang atau bertambah  tiap tahun.

Urbanisasi disebabkan adanya kesempatan kerja di perkotaan dan perbedaan selisih pendapatan upah minimum antara desa dan kota. Urbanisasi bisa menggerakkan roda perekonomian nasional melalui sektor informal perkotaan seperti pedagang kaki lima pada umumnya. Namun urbanisasi akan menimbulkan pengangguran baru diperkotaan bila tidak dikendalikan dengan baik.
\
Tingginya arus urbanisasi ke DKI Jakarta membuat jalanan tumpah ruah sehingga dipenuhi pengendara motor dan mobil. Akibatnya kemacetan menjadi problematika tertinggi dalam prioritas penyelesaian masalah di Jakarta. Belum lagi kondisi tersebut merambah ke pencamaran lingkungan, salah satu dampak yang ditimbulkan tentunya polusi udara yang kotor. Belum lagi persoalan penurunan permukaan tanah di jakarta, banyak isu yang mengatakan ibukota Jakarta akan tenggelam.

Kelayakan kota Jakarta sebagai ibukota jadi pertanyaan berbagai pihak, banyak yang mengatakan ibukota harus segera pindah terutama diluar pulau jawa. Permasalahan tersebut lahir atas terpusatnya pembangunan seperti pembangunan infrastrtuktur dan perekonomian terutama dipulau jawa telah menjadi primadona yang menggoda bagi pendatang untuk urban ke Jakarta.

Ekpekstasi dan urgensi kepindahan ibukota

Pemerintah Indonesia telah mengumumkan pemindahan ibukota negara Republik Indonesia. Gagasan rencana pemindahan ibukota negara bukanlah gagasan baru bahkan telah terjadi sejak era presiden Soekarno yang kala itu menghendaki ibukota berada dipulau Kalimantan.

Keputusan yang diambil oleh pemerintah dalam memindahkan ibukota telah mempertimbangkan beberapa aspek penting untuk mengurangi beban ibukota mengingat Jakarta dengan berbagai kompleksitasnya  seperti banjir, kemacetan, polusi, penurunan permukaan tanah yang terjadi setiap tahun.

Sebagai bagian identitas sebuah negara, ibukota merupakan karakteristik multifungsi sebuah kota seperti pusat bisnis, diplomatik antar negara, pusat ekonomi sehingga seringkali membuat ibukota menjadi sasaran utama kota urbanisasi. Kepindahan ibukota negara merupakan satu langkah besar untuk mengurangi beban kota DKI Jakarta sebagai pusat bisnis dan pemerintahan. Harapan kepindahan ibukota tentunya bukan sekedar pemindahan pusat pemerintahan semata, namun dapat menimbulkan multiplier effect bagi rakyat indonesia.

Pemerataan dan pembangunan ekonomi merupakan goals utama yang ingin dicapai pemerintah ketika benar-benar optimal dalam membangun ibukota baru. Biaya pemindahan ibukota baru disinyalir membutuhkan 400 triliyun rupiah. Memang biaya tersebut cukup mahal, namun apakah kita terus ingin pertahankan kota Jakarta sebagai ibukota ditengah tingginya arus urbanisasi dengan berbagai persoalan klasik lainnya yang tidak kunjung selesai pada setiap tahun.

Urbanisasi ke Jakarta bukan tanpa alasan mengingat denyut ekonomi Indonesia berada di jakarta dan sekitarnya, atau secara umum berada dipulau Jawa. Alhasil pembangunan infrastruktur untuk pendukung kegiatan ekonomi terpusat di Jawa.

Perpindahan ibukota negara diharapkan dapat menimbulkan multiplier effect berupa meningkatnya mobilitas pembangunan apalagi dengan ditopangnya infrastruktur yang selama ini terpusat dipulau jawa. Percepatan pertumbuhan ekonomi didukung oleh para investor yang memang dilibatkan oleh pemerintah dalam skema pembangunan.

Pembangunan infrastruktur diharapkan bisa memicu turunnya ketimpangan didaerah luar pulau jawa dan menggerakkan roda-roda perekonomian. Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dibuka oleh pemerintah. Sebab, sebuah kota yang dihadapkan pada kondisi sedang membangun membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak. Bila dioptimalkan dengan baik jadi sebuah momentum kesempatan  menurunkan pengangguran dan sentralisasi pembangunan.

Disisi lain pemerintah bisa mendesain kota yang ramah lingkungan berbasis energi bersih. Desain dan perancangan bisa dilakukan sejak dini dengan mudah mengingat jumlah penduduk dipulau Kalimantan yang disinyalir jadi tujuan ibukota baru belum terlalu ramai dihuni penduduk.

Energi terbarukan merupakan sebuah opsi yang bisa diimplementasikan oleh pemerintah dalam kebutuhan energi seperti penggunaan transportasi publik berbasis ketenagalistrikan untuk mencapai sebuah kota ramah lingkungan secara terintegrasi, sudah sekiranya ibukota negara memiliki tempat tinggal yang nyaman terlebih bebas polusi seperti yang terjadi dikota Jakarta.

Akselerasi pembangunan ekonomi di ibukota baru harus mengkombinasikan  antara fasilitas infrastruktur dengan tingkat harga barang yang terjangkau di kalangan masyarakat. Sebab untuk menjaga stabilitas perekonomian haruslah menjaga harga yang terjangkau agar masyarakat mampu memenuhi kebutuhan pokok. Harga yang tinggi dan tidak bisa dijangkau oleh masyarakat bisa memicu timbulnya orang miskin baru, hal inilah yang dirasakan oleh masyarakat di pulau kalimantan dimana tingkat inflasi harga sebuah barang sangat tinggi. Tentunya pemindahan ibukota ke pulau kalimantan merupakan sebuah langkah strategis jangka panjang dalam menghilangkan Indonesia sentris yang selama ini kita rasakan.

Terlebih semua itu dapat terwujud dengan megakselerasikan antara penyediaan fasilitas infrastruktur tepat guna, desain kota bersih dengan energi terbarukan dalam upaya menghilangkan problematika ibukota jakarta selama ini.




Penulis :
EGI FERDIAN 
Mahasiswa Ekonomi Universitas Pertamina
01.55.00 | 0 komentar | Read More