Mengenal Crypto & NFT serta Peluangnya Sebagai Aset Masa Depan

Perkembangan teknologi menghasilkan bentuk – bentuk aset digital seperti Crypto & NFT yang kini semakin populer dikenal oleh masyarakat. Crypto ataupun Non Fungible Token merupakan aset digital yang berupa sebuah data unik yang disimpan pada sebuah blockchain. Keduanya merupakan aset digital yang bisa dimiliki oleh seseorang dan memiliki nilai seperti layaknya sebuah aset.

Kepemilikan aset digital kini juga dihitung sebagai bagian dari kekayaan seseorang karena nilai aset digital merupakan obyek yang bisa diperdagangkan dan juga bisa dikonversi atau diuangkan ke dalam mata uang konvensional. Mengenal kedua bentuk aset digital tersebut bisa menjadi bagian dari langkah maju untuk menjalani kehidupan di era digital.

Mengenal Crypto dan Non Fungible Token atau NFT

Mengenal pengertian Crypto & NFT merupakan hal penting guna memberi pengertian mengenai dua objek baru yang bisa menjadi aset berharga tersebut. Crypto atau cryptocurrency merupakan aset digital yang dibuat dan dirancang sebagai media pertukaran yang melibatkan sistem kriptografi untuk keamanan transaksi, kontrol pembuatan unit cryptocurrency baru hingga melakukan verifikasi transfer aset.

Sedangkan NFT atau Non Fungible Token merupakan aset digital yang tidak bisa dipertukarkan yang disimpan pada blockchain dalam wujud berkas digital. NFT biasanya berkaitan dengan berkas atau data digital dalam wujud foto, video ataupun berkas audio. Karena setiap token pada NFT merupakan sesuatu yang tunggal atau memiliki identitas yang unik, maka NFT berada pada posisi yang berbeda dari crypto dalam blockchain.  

Pemilik NFT bisa melakukan klaim untuk mendapatkan sertifikat keaslian atau bukti kepemilikan. Akan tetapi hak legal atau aspek hukum dari sebuah NFT bisa jadi sangat fleksibel karena NFT tidak membatasi praktek membagi atau menduplikasi dari data digital tersebut serta tidak melekatkan hak cipta ada data digital tersebut sehingga tidak bisa mencegah dibuatnya NFT baru yang identik dengan NFT lain. 

Cara kerja Crypto & NFT didasari oleh sistem kerja blockchain yang merupakan sistem penyimpan data digital yang diamankan dengan cara enkripsi atau menggunakan sistem kriptografi. Blockchain bekerja melalui koneksi antar perangkat yang bekerja saling merekam dan melakukan pemeriksaan data untuk memastikan keaslian atau otentisitas. 

Perkembangan Aset Crypto dan Non Fungible Token

Pengetahuan tentang perbedaan Crypto & NFT menjadi hal lain yang menjadi informasi penting tentang kedua aset digital tersebut. Secara umum perbedaan antara cryptocurrency dan NFT terletak pada peran keduanya dalam pertukaran aset digital. Crypto atau cryptocurrency ketika dalam wujud fisik memiliki nilai yang sepadan dengan sesamanya sehingga bisa diperdagangkan atau dilakukan pertukaran antara satu mata uang kripto dengan mata uang kripto yang lain. Satu Bitcoin memiliki nilai yang selalu sama dengan satu Bitcoin lain sehingga bisa diperdagangkan atau ditukar satu sama lain.

Sedangkan NFT memiliki digital signature atau tanda tangan digital yang unik untuk setiap item sehingga setiap item memiliki digital signature yang berbeda – beda. Efeknya adalah NFT tidak bisa dipertukarkan satu sama lain, akan tetapi bisa memiliki value atau nilai yang dinamis atau tidak bisa ditentukan. 

Hal ini menyebabkan ada kemungkinan yang tak terbatas dalam hal menjual ataupun membeli aset digital dalam wujud NFT. Peluang Crypto & NFT sebagai aset digital merupakan sesuatu yang nyata di masa mendatang sehingga pantas dipertimbangkan sebagai salah satu segmen aset yang bisa dikumpulkan.


Setiap orang bisa membuat NFT dengan cara membuat karya digital dan kemudian menjualnya di marketplace NFT seperti OpenSea. Karya yang terjual kemudian bisa diuangkan dalam wujud Crypto ataupun dalam wujud uang konvensional. Inilah relasi atau hubungan antara Crypto & NFT serta peluang keduanya sebagai aset digital di masa mendatang

19.51.00 | 0 komentar | Read More

Upah Minimum Provinsi UMP 2022

Hubungan antara ekonomi dan kehidupan sosial salah satunya berada pada kebijakan yang mengatur besarnya nilai upah bagi pekerja atau buruh. Salah satu kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hal tersebut adalah kebijakan tentang upah minimum propinsi atau UMP. Perubahan terkini tentang Upah Minimum Provinsi 2022 bisa memberi pengaruh pada tingkat kesejahteraan warga negara yang tinggal di 34 provinsi di wilayah NKRI. 


Upah Minimum Provinsi 2022, Jakarta Tertinggi dan Jawa Tengah Terendah,

Muncul Penolakan Kenaikan Upah Minimum Propinsi 2022

Setelah diumumkan di awal tahun 2022 lalu, muncul berbagai penolakan dari kaum buruh terkait besarnya kenaikan UMP pada tahun 2022 jika dibandingkan dengan UMP pada tahun sebelumnya. Kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan berupa kenaikan UMP yang terbilang kecil didasari oleh kondisi ekonomi yang mesu dan inflasi yang terjadi selama masa pandemi.

Nilai rata – rata Upah Minimum Provinsi 2022 mengalami kenaikan sebesar 1,09% saja jika dibandingkan dengan UMP pada tahun 2021 lalu. Sedangkan penentuan upah minimum propinsi atau UMP merupakan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah masing – masing.

Menteri Ida Fauziyah menyatakan bahwa besarnya kenaikan UMP tersebut didasarkan pada Kebijakan Penetapan Upah Minimum Pekerja 2022 yang juga menjadi bagian dari Undang – undang Nomor 11 2020 tentang Cipta Kerja beserta aturan – aturan turunannya seperti PP Nomor 36 Tahun 2021 mengenai pengupahan tenaga kerja.

Jakarta Memiliki UMP Tertinggi

Provinsi DKI Jakarta merupakan provinsi yang memiliki nilai UMP tertinggi di antara 34 provinsi yang ada di Indonesia. Penetapan UMP DKI Jakarta bahkan melalui beberapa revisi atau perubahan mengingat adanya desakan dari buruh yang menuntut kenaikan UMP lebih tinggi. Beberapa kelompok buruh mengajukan tuntutan kenaikan Upah Minimum Provinsi 2022 sebesar 10% dari nilai besaran UMP tahun 2021.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengeluarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta 1517/2021 yang berisi kenaikan UMP DKI Jakarta sebesar 0,85% saja atau sebesar 35 ribu Rupiah. Kebijakan yang dikeluarkan pada tanggal 19 November 2021 tersebut kemudian direvisi pada 16 Desember 2022. 

Revisi tentang kenaikan UMP tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta 1395/2021 yang menyatakan kenaikan UMP sebesar 5,1% atau sebesar 225 ribu Rupiah. Berdasarkan perubahan tersebut maka Upah Minimum Provinsi 2022 tertinggi ada DKI Jakarta dengan nilai Rp 4.641.854,00. 

UMP Terendah di Propinsi Jawa Tengah

Jika DKI Jakarta memiliki nilai upah minimum provinsi tertinggi jika dibandingkan dengan 33 provinsi lain; maka provinsi yang memiliki UMP terendah berada di Jawa Tengah. UMP di Propinsi Jawa Tengah pada tahun 2021 lalu sebesar Rp 1.798.979,00 dan pada tahun 2022 mengalami kenaikan sebesar 0,8% sehingga menjadi Rp 1.813.011 atau mengalami kenaikan sebesar Rp 14.032,00. 

Berdasarkan kenaikan sebesar 0,85% tersebut menjadikan Jawa Tengah menjadi provinsi dengan Upah Minimum Provinsi 2022 terendah jika dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. Pada tahun sebelumnya provinsi dengan nilai UMP terendah adalah Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki nilai UMP sebesar Rp 1.765.000,00. 

Pada tahun 2022 ini UMP di Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami kenaikan sebesar 4,03% atau sebesar Rp 75.915,53. Berdasarkan kenaikan tersebut maka UMP Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2022 ini menjadi Rp 1.840.915,53.

Perubahan Upah Minimum Provinsi 2022 didasarkan pada kondisi setiap daerah dan ditetapkan melalui keputusan gubernur atau kepala daerah masing – masing provinsi. Hal inilah yang menyebabkan setiap provinsi bisa memberikan kebijakan berupa kenaikan UMP yang tidak sama dengan rata – rata kenaikan UMP nasional sebesar 1,09%.

10.39.00 | 0 komentar | Read More

Mengenal Tools SEO Dan Manfaat Yang Dimiliki

Tools SEO merupakan hal yang sangat penting ketika Anda ingin mengelola sebuah website, mengingat website saat ini merupakan hal yang penting karena sudah banyak digunakan untuk berbagai hal yaitu salah satunya adalah sebagai toko online. Namun karena persaingan yang ketat saat ini pastinya akan sangat sulit untuk toko Anda mendapatkan urutan pertama dalam mesin pencarian nanti, oleh sebab itu Anda harus menggunakan SEO. SEO sendiri merupakan search engine optimization yaitu merupakan proses peningkatan dan kualitas dan kuantitas untuk traffic di website Anda sehingga bisa mendapatkan urutan pertama di halam pencarian. Tentunya kehadiran SEO ini sangat penting sebab dapat memberikan dampak yang besar terhadap pendapatan toko Anda apalagi tidak sedikit orang yang menggunakan website sebagai toko onlinenya. Akan tetapi jika Anda sudah menerapkan SEO maka Anda juga harus mengawasi apakah strategi SEO yang digunakan sudah berjalan baik atau tidak, oleh sebab itu inilah fungsi sebenarnya dari tools SEO tersebut.


Apa itu tools seo?

Tools SEO atau alat bantu SEO merupakan alat bantu untuk memastikan bahwa strategi SEO yang Anda gunakan sudah diterapkan dengan baik, sehingga dapat memberikan efek yang baik terhadap usaha Anda. Saat ini juga terdapat beberapa tools yang berbayar dan gratis, dimana setiap tools juga memiliki manfaat tersendiri, apabila Anda masih pemula maka ada baiknya jika mencoba tools gratis baru apabila sudah maju maka bisa menggunakan tools yang berbayar dimana banyak sekali fitur yang ditawarkan. Karena banyak sekali ragam tools SEO pastinya setiap tools memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri sehingga bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Namun fungsi utama dari tools ini sudah tentu untuk menganalisa kualitas pada konten di website apakah konten tersebut memiliki rating SEO yang tinggi atau tidak sehingga Anda bisa menilai apakah bisa mendatangkan banyak traffic atau tidak. Tentunya secara tidak langsung Anda juga bisa dapat mencari jalan keluar untuk meningkatkan kualitas dari konten Anda.

Manfaat adanya tools SEO

Tentunya banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh tools SEO ini dalam membantu Anda, tidak heran Anda nantinya akan sangat terbantu. Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk Anda gunakan mengingat sudah sangat mudah untuk menemukan tools SEO baik yang gratis maupun berbayar.

1. Dapat melihat page views

Beberapa tools SEO dapat membantu Anda dalam melihat page views sehingga Anda bisa mengetahui seberapa banyak orang yang melihat halaman website Anda. Apabila sedikitnya pageviews untuk website Anda maka Anda bisa meningkatkan kualitas konten Anda, sehingga page views Anda meningkat. Tentunya tingginya page views dapat memberikan bukti bahwa strategi SEO yang telah Anda gunakan sudah berhasil atau tidak.

2. Dapat melihat jumlah new visitor

Beberapa tools SEO juga dapat membantu Anda dalam melihat jumlah new visitor, hal ini tentunya sangat penting untuk melihat apakah website Anda sudah terkenal di masyarakat luas atau tidak. Seba new visitor juga menandakan bahwa website Anda sudah berada dalam urutan pertama halaman pencarian sehingga banyak orang baru yang mengunjungi website. Karena banyaknya fungsi yang dimiliki tools SEO maka tidak ada salahnya jika Anda menggunakannya, sebab sangat membantu anda dalam mendapatkan keuntungan yang banyak. Jadi sangat disayangkan jika Anda tidak mencoba menggunakannya alat bantu ini.
20.14.00 | 0 komentar | Read More

Inilah Panduan Anda untuk Menghindari Backlink yang Kurang Bagus untuk SEO

zksnew.blogspot.com - Sebagai sebuah langkah optimasi SEO off page yang tak kalah penting, banyak pemula yang masih beranggapan bahwa jumlah backlink yang makin banyak berarti makin baik pula peringkat sebuah website yang dioptimasi tersebut di mata mesin pencari. Karena itulah banyak yang akhirnya menanam backlink sebanyak-banyaknya tapi tanpa memperhatikan kualitas.


Akan tetapi, saat ini dengan pembaharuan algoritma Google dari waktu ke waktu, perubahan yang terjadi pun termasuk dengan semakin ketatnya kriteria backlink. Karena itulah penanaman backlink dengan cara tidak wajar akan berdampak buruk pada suatu website, bahkan bisa mengakibatkan deindex. Lantas, seperti apa kriteria backlink yang kurang bagus untuk SEO yang wajib dihindari?

Paid Link

Paid link, sales link, atau jual beli tautan adalah sebuah cara untuk menempatkan tautan pengiklan pada suatu website. Pengiklan akan membayarkan sejumlah uang tertentu sepanjang tautannya masih ada di sebuah website. Dan cara ini tidak disukai Google karena paid link adalah salah satu cara untuk memanipulasi mesin pencari.

Advertorial

Sedangkan salah satu kriteria backlink yang kurang bagus untuk SEO yang satu ini merupakan sebuah bentuk iklan dalam wujud tulisan, seperti advertorial produk, jasa, pemerintah, dan perusahaan. Contohnya adalah artikel, namun yang mempromosikan produk secara mendetail, mulai dari nama sampai deskripsi. Tipe backlink yang satu ini dapat didapatkan dengan membelinya, atau menukarnya dengan benefit yang lain.

Akan tetapi, jika Anda beranggapan kalau advertorial merupakan opsi yang tak terelakkan, Anda bisa gunakan metode ini sebagai brandbooster dan bukannya SERP backlink, kemudian tambah atribut nofollow.

Tukar Link (Link Exchange) yang Tidak Relevan

Dulu, metode ini banyak diterapkan, terutama oleh para blogger, karena menunjukkan hasil yang diinginkan. Akan tetapi, tak lama kemudian Google pun mengantisipasi praktik link exchange dengan menghapus website maupun blog yang menerapkannya secara berlebihan dari mesin pencari. Anda masih bisa melakukan cara ini selama jumlahnya tidak berlebihan, idealnya kurang dari 10. Sebab Google tidak suka tautan yang tidak alami maupun tidak relevan, mengingat relevansi konten sebuah website merupakan faktor penentu dalam SEO.

Kualitas Guest Post yang Rendah

Sebenarnya, guest post adalah salah satu tipe backlink yang paling alami. Akan tetapi, jika memilih cara ini, pertimbangkan juga kualitas website pilihan dari segi page authority (PA) dan domain authority (DA), bukannya pagerank lagi. Dengan adanya guest post, visibilitas sebuah website dapat ditingkatkan, pun skema pemasarannya. Akan tetapi, jika cara ini lantas digunakan untuk mengumpulkan backlink, kemungkinan besar Google akan langsung turun tangan.

Tool Generated Links

Pada dasarnya, mesin pencari saat ini sama sekali tidak menyukai apapun yang berkaitan dengan “manipulasi”, termasuk yang dilakukan dengan cara ini. Hindari tool ini agar website yang Anda optimasi tidak mendapatkan penalti atau sanksi dari Google.

Backlink dari Aplikasi Otomatis

Saat ini, Anda bahkan bisa membeli backlink dengan harga murah, sehingga 1.000 atau bahkan sampai 10.000 backlink tak lagi hal yang sulit untuk diperoleh. Akan tetapi, karena semua backlink tersebut dibuat oleh aplikasi yang otomatis, maka Anda perlu mempertimbangkan efek jangka panjangnya.

Backlink dengan Keragaman Rendah

Backlink dengan kualitas baik idealnya berasal dari beragam platform. Sebaliknya, jika backlink dibuat hanya dari 1 atau 2 jenis platform terus-menerus justru akan membahayakan website yang Anda optimasi. Ingat bahwa penanaman backlink yang tidak wajar akan selalu diawasi Google, jadi upayakan backlink yang berasal dari beragam platform, misalnya Facebook, Twitter, social bookmark, forum diskusi, web 2.0, dan sebagainya.
12.41.00 | 0 komentar | Read More

Apa Itu Backlink untuk SEO? Temukan Pengertian dan Manfaatnya di Sini!

zksnew.blogspot.com - Bagi Anda yang masih pemula di dalam dunia SEO, pentingnya backlink barangkai merupakan sebuah hal yang sering dipertanyakan. Nah, bagi Anda yang ingin memahami lebih jauh soal backlink untuk SEO, silahkan simak ulasannya di bawah ini. Selamat membaca!

Definisi Backlink

Apa itu backlink? Istilah ini merujuk pada sebuah link atau tautan yang ditanamkan pada berbagai website untuk mengarah pada website lain yang tengah di-SEO-kan atau dioptimasi. Dengan demikian, backlink untuk SEO sangat penting bagi website yang sedang dioptimasi karena mampu membantu meningkatkan peringkat website tersebut pada halaman hasil pencarian search engine. Selain itu, backlink pun dapat meningkatkan popularitas sebuah website dan menaikkan pagerank pula.


Pada dasarnya, terdapat 2 jenis backlink untuk SEO, yaitu one way backlink dan reciprocal backlink. Penjelasan untuk masing-masing jenis backlink tersebut adalah sebagai berikut.

One Way Backlink

One way backlink atau backlink satu arah merupakan cara di mana hanya Anda lah yang dapat menanamkan tautan ke berbagai website yang dapat menanam alamat atau URL website tanpa harus menyertakan backlink kembali menuju website tersebut. Berikut ini adalah beberapa teknik one way backlink yang biasa digunakan:

1. Blog comment.

Dengan cara yang satu ini, Anda bisa menyertakan alamat website yang Anda optimasi pada masing-masing kolom komentar sebuah blog yang disesuaikan dengan anchor text yang sedang dioptimasi.

2. Signature forum.

Pada beberapa forum, Anda bisa temukan signature yang akan muncul atau terpasang setiap kali Anda membuat atau mengirim sebuah pos. Nah, Anda dapat manfaatkan fitur tersebut untuk mendapatkan one way backlink untuk website yang tengah Anda optimasi.

3. Social bookmark.

Cara yang satu ini memanfaatkan website di mana Anda bisa mengirimkan website yang sedang Anda optimasi untuk dijadikan “Bookmark”.

Reciprocal Backlink

Sedangkan berikut ini adalah contoh dari reciprocal backlink alias backlink dua arah:

1. Direktori submit.

Ada berbagai website yang melakukan klasifikasi beragam website ke dalam bermacam-macam kategori, jadi Anda bisa meletakkan alamat situs website yang sedang Anda optimasi di sana. Akan tetapi, website yang melakukan pengkategorian tersebut akan mengharuskan Anda untuk memasang tautan, banner, atau backlink yang mengarah ke website tersebut pada website Anda.

2. Bertukar link.

Cara yang satu ini biasanya dilakukan oleh para blogger yang tergabung di dalam sebuah komunitas. Mereka saling bertukar tautan untuk mendapatkan backlink.

Pentingnya Backlink

Nah Salah satu pentingnya backlink untuk SEO adalah untuk mewakili vote of confidence satu situs ke situs lain. Maksudnya, backlink ke website yang sedang Anda optimasi merupakan sinyal kepada mesin pencari bahwa website lain memberikan jaminan kualitas dan relevansi konten website Anda. Dan jika semakin banyak website yang memasang tautan menuju website yang Anda optimasi, maka search engine pun bisa membuat kesimpulan bahwa konten tersebut memang layak untuk ditampilkan pada halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang berhubungan.

Karena backlink memberikan manfaat positif pada peringkat sebuah website, terutama terkait dengan visibilitas pencarian, maka Anda perlu membuat backlink menggunakan anchor text yang relevan. Anchor text merupakan teks yang dapat terlihat dan di klik pada hyperlink.

Pada pakar menyatakan bahwa anchor text adalah faktor yang mempengaruhi Search Engine Ranking Point (SERP). Maksudnya, mesin pencari akan melakukan penilaian soal akurasi informasi antara sebuah link dengan anchor text yang digunakan. 
22.34.00 | 0 komentar | Read More

Pengertian dan Prinsip Kerja Google Adsense

Bagi pengelola blog, tentu kalian sering mendengar istilah Google Adsense. Apa itu Adsense? Adsense ialah sebuah program internet marketing dari Google yang prinsipnya melakukan kerja sama. Tools ini ditujukan bagi pemilik Vlog dan Blog supaya bisa menghasilkan uang lewat Blog maupun vlog di internet.


Bagaimana Perhitungan Penghasilan Tersebut?

Penghasilan yang didapatkan tersebut dihitung berdasarkan pembagian benefit setiap kali klik iklan oleh pengunjung Vlog maupun Blog, dan biasa dikenal lewat istilah Pay Per Klik atau PPC. Di samping itu, Google Adsense pun menyediakan iklan yang berkonsep pencarian dan dikenal lewat istilah Adsense for Search, adsense for mobile, dan adsense for video. 

Sebelumnya Adsense hanya didukung oleh layanan bahasa Inggris saja serta beberapa bahasa yang ada di negara Eropa, Asia Timur, dan Asia Tengah, dengan demikian hanya video dan situs blog yang berbahasa Inggris, Asia Timur, Timur Tengah, dan beberapa bahasa di Eropa saja yang bisa menampilkan iklan Adsense. Namun seiring perkembangannya, adsense memperluas layanan dengan menambah dukungan bahasa sebanyak 36 bahasa di dunia, tak terkecuali bahasa Indonesia.

Di samping itu, Adsense juga telah melakukan pembaharuan dalam sistem permohonan adsense, jadi para publisher bisa memakai akun Bloggwe, Hubpages, dan Youtube untuk melakukan registrasi akun adsense.

Prinsip Kerja Google Adsense
Adsense adalah platform periklanan yang telah disediakan Google, sehingga pemilik blog bisa menghasilkan uang lewat video, artikel, dan aplikasi mereka. Dimana publisher hanya menyediakan media iklan dalam menampilkan berbagai macam iklan yang berasal dari Adsense lalu menunggu sampai pengunjung website mengklik iklan tersebut. Sebab banyaknya pengiklan di Adsense semakin meningkatkan persaingan lelang iklan, karenanya hanya iklan yang nilai tertinggi sajalah yang bisa tampil di situs blog milik Anda.

Adapun iklan-iklan dari Google Adsense biasanya menyesuaikan isi konten situs pengguna, misalnya website Anda membuat niche teknologi internet, jadi iklan yang akan muncul di website Anda kebanyakan tentang jual beli domain, web hosting, dan lainnya yang berkaitan dengan internet. Seentara, sistem pembayaran Adsense menyesuaikan jumlah klik di tiap iklan yang tayang, umumnya nilai klik pada iklan tersebut dipengaruhi jenis konten serta negara asal pengguna/pengunjung web Anda. 

Contohnya, Anda memiliki konten tentang keuangan atau bisnis yang nilai klik setiap klannya lebih besar dibandingkan konten yang didalamnya memuat panduan desain grafis, maka pengunjung web dari negara-negara maju, baik Amerika, Kanada, dan Inggris akan mendatangkan klik iklan yang nilainya lebih tinggi daripada pengunjung dari Singapura, Malaysia, atau Indonesia. Pembayaran adsense bisa diterima sesudah mencapai limit pembayaran yang dapat diambil lewat Western Union lalu ditransfer ke rekening bank pribadi Anda.

Umumnya pihak Google memberikan pemberitahuan terlebih dulu lewat email jika pembayaran Adsense sudah dapat ditarik, dan jika pembayaran tak sempat diambil, akan ditambahkan dengan pembayaran pada bulan berikutnya. Untuk itu, Anda tak perlu takut kehilangan fee dari Google Adsense jika Anda belum sempat melakukan pengambilan pembayaran dari Adsense, yang terpenting ialah Anda tidak melanggar ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan oleh Google selama menjadi Publisher di Adsense.

Apakah Google Adsense Dapat Dipercaya dan Terbukti Membayar Publisher?

Ya, Adsense sudah membayar banyak blogger dan webmaster yang ada di seluruh dunia hingga bertahun-tahun. Di negara Indonesia sendiri, ada banyak webmaster yang telah meraup ribuan dollar per bulannya.
13.05.00 | 0 komentar | Read More

Tutorial Tips SEO Untuk Google Ads

SEO untuk Google Ads – Digital Marketing lewat search engine ialah sebuah strategi paling ideal untuk mempromosikan produk maupun jasa. Mengingat banyaknya pengguna internet di Indonesia yang telah menembus angka sekitar 100 juta orang per harinya. Sementara di dunia sendiri telah menembus angka 2,4 miliar pengguna. Kita bisa bayangkan, produk yang Anda pasarkan dapat dilihat oleh jutaan hingga milyaran orang di seluruh dunia secara bersamaan. Sudah dapat dipastikan popularitas produk Anda akan meningkat pesat, sebanding dengan meningkatnya penjualan.
Kesulitan memakai teknik SEO untuk mencapai halaman atas Google memerlukan waktu selama berbulan-bulan, memakai SEM hanya memerlukan waktu selama beberapa detik saja agar bisa bertandang di halaman pertama. Hanya dengan memanfaatkan Iklan di Google Ads (Adwords), para pengguna dapat meletakkan website-nya di barisan pencarian Google.

Apa Itu Google Adwords?

Google Adwords ialah tools yang berhasil dikembangkan Google dengan tujuan mengoptimasi SEO, entah itu untuk blog, website, maupun youtube. Platform ini telah dilengkapi oleh berbagai fasilitas, seperti kampanye, riset keyword, dan sebagainya. Lewat postingan ini, kami akan membagikan tips mengenai SEO untuk Google Ads. Jika Anda seorang publisher blog maupun youtube, maka keyword merupakan hal terpenting untuk mencapai halaman pertama Google. 

Platform periklanan dengan Adwords merupakan teman terbaik untuk pemasaran online. Memahami kelebihan dan fitur-fitur pada platform ini, bisa meningkatkan penjualan produk dan bisnis Anda. Semakin lengkapnya fitur-fitur yang tersedia, maka kemampuan Anda untuk membuat rencana strategi pemasaran secara online pun menjadi tak terbatas.

Beriklan dengan Adwords memungkinkan kita menargetkan calon konsumen berdasarkan topik, keyword, waktu, dan lokasi. Anda bisa memulainya berdasarkan budget pemasaran yang telah dipersiapkan.

Tutorial Memakai Google Adwords

Adapun langkah-langkah memakai Google Adwords, ialah sebagai berikut :

Sign in ke dalam akun Adwords, jika belum mempunyai akun Anda bisa langsung melakukan sign up.

Sesudah memasuki Adwords, Anda bisa memilih tools lalu pilih Perencana keyword (kata kunci).

Kemudian ketik kata keyword baru dengan menggunakan frasa, kemudian masukkan rencana keyword yang akan digunakan, sedangkan yang lainnya didiamkan default saja. Namun jika Anda tidak menetapkan target tertentu, baik bahasa, lokasi, dan sebagainya. Kemudian pada bagian bawah pilih Dapatkan ide.

Anda harus perhatikan, apabila penelusuran per bulannya rendah, Anda jangan langsung menganggap bahwa kata kunci tersebut urang laris atau kurang efektif, namun Anda juga harus memperhatikan faktor lainnya seperti persaingan. Jadi jangan sampai disebabkan persaingan tinggi, langsung menganggap jika keyword tersebut merupakan yang terbaik. Justru jika hal tersebut terjadi, membuat artikel atau konten Anda mengalami kegagalan untuk masuk ke halaman pertama Google. Sebab tujuan dari persaingan tersebut ialah jumlah pesaing lainnya, itu artinya Anda harus mempunyai faktor penunjang lainnya yang bisa membuat artikel atau web Anda masuk ke halaman pertama Google.

Cara Menentukan Keyword (Kata Kunci)

Untuk menentukan kata kunci, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya membuat keyword sesingkat dan semenarik mungkin, kemudian gunakan LSI atau keyword turunan dari keyword utama. Pentingnya membuat keyword/kata kunci menarik, singkat, dan banyak dicari tentu saja bisa membuat web Anda masuk ke halaman pertama Google. Selain dengan tutorial SEO untuk Google Ads di atas, tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan kekuatan dari pencarian berbayar sehingga bisa membantu mengarahkan traffic ke web Anda. 



12.57.00 | 0 komentar | Read More

Tips dan Pengaruh Social Untuk SEO Dalam Social Signal

zksnew.blogspot.com - Pengaruh social untuk SEO – Pada tahun 2015 lalu, tak sedikit praktisi SEO di dalam dan diluar negeri yang mengabaikan atau tanpa memperhitungkan faktor social signal yang menjadi tolak ukur atau metrik mesin pencari untuk ditampilkan pada halaman utama. Berbeda dengan tahun 2018 sekarang ini, sosial media menjadi faktor terpenting untuk membuat sebuah web muncul di halaman pertama google.


Lalu, Bagaimana Peranan Social Media Untuk Meningkatkan Performa Web?

Mungkin tak sedikit orang bertanya, saat link yang disisipkan di akun sosmed viral lalu di share sampai ribuan kali, mungkinkan menjadi backlink kredibel yang bisa meningkatkan kinerja dan performa situs dalam mesin pencari?

Terlepas dari apakah link di sosmed tersebut menjadi backlink yang kredibel ataukah tidak, namun link yang disisipkan ke sosial media, baik itu Twitter, Facebook, Youtube dan sebagainya bisa membantu mesin pencari untuk memahami website yang kredibel lalu Google memberi peringkat baik lewat keyword tertentu. 

Kerjasama antara pihak Twitter dengan Google dengan menambahkan tweet ke hasil pencariannya merupakan bukti semakin pentingnya pengaruh social untuk SEO khususnya bagi mesin pencari raksasa Google. Ini artinya bahwa social signal begitu relevan dan sangat baik untuk meningkatkan performa website. 
Selain itu, tak semua tautan/konten yang dibagikan di sosmed secara otomatis mendapatkan rangking yang baik di Google, namun hanya sebatas konten atau tautan yang di retweet dan dibagikan saja. Sederhananya, semakin sering dibicarakan baik di forum atau social media, Google menganggap jika hal tersebut layak dan penting ditampilkan pada halaman pertama saat diketik berdasarkan keyword yang relevan.

Sosial Share

Mirip seperti link, memperoleh share di sosmed adalah kualitas yang baik, namun dibagikan di sosmed dengan jaringan lebih luas, dapat berpengaruh besar bagi website Anda. Hal tersebut sangat bermanfaat, sehingga mengundang banyak orang berkunjung dan melihat website milik Anda. Partisipasi sosial media terhadap website penting sekali. Jika AANda tak mempunyai akun Google+, halaman fans Page facebook, atau twitter, maka Anda bisa kehilangan keuntungan tersebut dalam SEO. Dalam hal ini, Anda tak hanya membangun jaringan untuk membantu membagikan konten Anda, tapi hal tersebut juga bisa menjadi faktor keberhasilan pengaruh social untuk SEO.

Bagaimana Cara Memperoleh Social Signal?

Pasang Tombol Share di Website

Saat seseorang berkunjung dan membaca konten yang Anda buat lalu menemukan informasi sesuai keinginannya, kemungkinan besar pengunjung tersebut akan langsung membagikan artikel yang Anda buat ke time-linenya. Dibawah artikel ini kami juga memesang tombol share.

Memiliki Follower yang Banyak

Jumlah follower merupakan hal terpenting yang sangat berpengaruh saat Anda berinteraksi di jejaring sosial. Untuk memperoleh ribuan atau jutaan followers tidaklah mudah, sebab Anda perlu memfollow orang banyak dan berharap mereka melakukan follback. Namun perlu diingat juga bahwa memfollback secara terus-terusan dan membabi buta justru bisa membuat akun yang Anda miliki dianggap spam serta dapat ditangguhkan pihak pengelola sosmed itu sendiri.

Bergabung ke Dalam Komunitas Blogger

Jika Anda bergabung ke dalam komunitas blogger, lalu sering memberikan berbagai informasi bermanfaat, maka besar kemungkinan konten Anda langsung di share oleh sesama komunitas yang lainnya. Hal ini dapat memberikan Anda keuntungan di samping bisa saling berbagi informasi.

Itulah tips dan pengaruh social untuk SEO untuk menampilkan halaman website Anda di peringkat teratas Google. Untuk memperluas jaringan dan meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda harus mempertimbangkan peranan social media.

Semoga  membantu.
Silahkan share jika artikel ini bermanfaat..

09.38.00 | 0 komentar | Read More

Anda Perlu Tahu! Ini Dia Cara Kerja SEO untuk Meningkatkan Peringkat Sebuah Website

zksnew.blogspot.com - SEO atau search engine optimization merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk memaksimalkan nilai relevan sebuah halaman website agar peringkat maupun angka pengunjung yang dihasilkan dari mesin pencari alias search engine (biasanya Google) meningkat.

Lantas, seperti apa cara kerja SEO dalam mencapai peningkatan peringkat sebuah website atau penambahan jumlah pengunjungnya? Berikut ini adalah penjelasan ringkasnya. Selamat membaca dan semoga informasi yang Anda peroleh bermanfaat!

Crawling (Perayapan)

Crawling alias perayapan merupakan sebuah proses di mana semua data halaman web yang terdapat di internet diambil. Pekerjaan ini dilakukan oleh software atau perangkat lunak yang juga disebut dengan nama crawler atau spider. Sedangkan pada mesin pencari Google, namanya adalah Googlebot. Perangkat lunak ini hanya merayapi berbagai website yang meta tag-nya “Index/Follow”, serta tidak dicekal lewat kode robots.txt.

Indexing (Pengindeksan)

Ini merupakan sebuah proses pembuatan indeks, yaitu URL atau Meta Tag, pada seluruh halam situs yang disimpan di dalam basis data atau database mesin pencari. Proses indexing atau pengindeksan pada dasarnya adalah sebuah proses untuk mengidentifikasi konten maupun deskripsi yang membuat sebuah halaman website masuk ke dalam basis data mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu.

Processing (Pemrosesan)

Ketika seorang pengguna memasukkan sebuah kata kunci, misalnya “resep kue lapis”, maka mesin pencari akan menerima permintaan atau request. Request tersebut akan dilanjutkan ke sistem algoritma yang akan melakukan proses penyortiran (sorting), yaitu proses pencarian data dengan memanfaatkan (Class Program) yang terdiri atas kurang-lebih 200 faktor penentu ke dalam basis data yang sudah terindeks, atau (Fetch Data). Proses selanjutnya adalah Send Data, yang mana data dari indeks sebuah situs akan disimpan di dalam Cache Google agar ditampilkan di hasil penelusuran. Cache Google diperbaharui apabila crawler atau spider Google merayapi serta melakukan pengindeksan ulang.

Calculating Relevancy (Penghitungan Relevansi)

Pada satu halaman website, pastinya ada banyak jumlah kata kunci yang muncul. Oleh karena itulah mesin pencari lantas akan menjalankan proses penghitungan relevansi masing-masing halaman website yang sudah terindeks.

Retrieving Result (Memunculkan Hasil)

Proses satu ini adalah mengambil hasil dari data situs yang sudah terindeks, yang kontennya sangat relevan dengan kata kunci yang dimasukkan pengguna dan diproses melalui langkah-langkah di atas. Hasil tersebut lantas ditampilkan di dalam daftar hasil pencarian pada mesin perambah atau browser.

Mesin pencari seperti Yahoo! dan Google akan melakukan pembaruan atau update sistem algoritma yang digunakan dan berkaitan dengan penentuan relevansi hasil pencarian. Dengan demikian, maka hasil yang keluar pada halaman hasil pencarian akan sesuai dengan kata kunci apa yang diketikkan oleh pengguna.

Cara kerja SEO punya sifat yang organik serta dijalankan di atas mekanisme atau alur mesin pencari, serta dengan kurang-lebih 200 faktor SEO serta algoritma yang sudah dibuat oleh mesin pencari. Sementara itu, situs dengan kualitas konten paling baik bagi pengguna, serta yang dioptimasi dengan mengikuti panduan, faktor SEO, dan algoritma yang berlaku akan muncul pada halaman pertama hasil pencarian pada search engine, atau bahkan muncul di peringkat pertama yang artinya posisinya ada di tempat teratas.

Idealnya, bagaimana hasil cara kerja SEO dapat dirasakan oleh pemilik website pada mesin pencari Google dapat dilihat setidaknya 1 sampai 3 bulan sejak website tersebut dioptimasi. Dan peringkatnya akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu 


Semoga bermanfaat..
14.34.00 | 0 komentar | Read More

5 Tips Membuat Artikel Untuk SEO yang Berkualitas

zksnew.blogspot.com - Konten artikel untuk SEO penting untuk diperhatikan, karena peranan SEO bisa meningkatkan trafik pengunjung pada sebuah website. Banyak pemilik website yang bisa menulis artikel dengan teratur dan lancar, namun tak banyak yang mengetahui bagaimana cara menulis konten artikel yang SEO friendly. Sudah banyak sekali kita mendengar atau menjumpai tips-tips menulis artikel SEO friendly yang tersebar di internet, namun tak semuanya dapat diaplikasikan.

Lalu, Bagaimana Tips Membuat Konten Artikel Untuk SEO Dengan Baik?


Pengalaman Pengguna

Kenapa poin ini penting? Karena sulit sekali untuk dimanipulasi. Berbeda dengan konten dan backlink, dalam hal ini user experience akan sulit dimanipulasi sebab diluar kontrol Anda selaku pemilik web. Jadi wajar jika ini menjadi faktor terpenting untuk menekan manipulasi rangking dalam mesin pencari mereka. Tujuan dari pengalaman pengguna ini ialah respon dan aktivitas user saat mereka menjelajahi website Anda. Mulai dari lamanya waktu membaca, respon artikel yang mereka baca, bagian-bagian situs mana saja yang diklik, banyaknya halaman web yang dibuka, dan sebagainya.

Dengan kata lain, se-expert apapun penulisan artikel untuk SEO Anda, apabila tidak memperhatikan poin ini, kemungkinan besar menjadi tidak maksimal hasilnya. Adapun kategori user experience ini salah satunya ialah konten artikel berkualitas, selain itu mudahnya navigasi, desain website, jenis dan ukuran font, mengurangi kesalahan ejaan, kecepatan loading, interaksi yang bagus, dan sebagainya.

Pahami Karakter Calon Pembaca

Beda topik, tentu saja peminatnya pun berbeda. Kalagan remaha, dewasa, wanita, pria, dan lain sebagainya. Contohnya saja, artikel mengenai keuangan pembacanya mungkin berusia 25 ke atas. Kemudian artikel dengan niche game, tentu lebih banyak diminati oleh kalangan anak muda. 

Apa sih tujuan harus mempelajari karakter? Mempelajari karakter calon pembaca bertujuan agar Anda dapat menyesuaikan konten artikel khususnya karakter pembaca dengan gaya penulisan Anda. Sehingga artikel lebih enak dibaca dan pembaca pun tidak merasa bosan membaca artikel yang Anda buat.

Sisipkan Keyword di Judul Artikel

Untuk lebih bersaing di SERP, Anda perlu menyisipkan keyword di judul artikel. Sebab judul adalah elemen pertama dalam menentukan topik sebuah artikel. Tanpa memberikan keyword di judul, sama saja Anda menyuruh Google menebak-nebak topik/tema postingan yang Anda buat. Penempatan keyword paling ideal pada judul ialah diletakkan di awal kata. Semakin diletakkan di bagian kiri tentu semakin baik.

Namun hal tersebut bukanlah keharusan, karena Anda juga harus menyesuaikan dengan keseluruhan bagian judul supaya tetap mengundang klik dan enak dibaca.

Judul yang Mampu Mengundang Klik Pembaca

Kadang kita kesulitan membuat title artikel sebab jika dibuat menurut keyword, akan terlihat kaku dan canggung saat dibaca. Namun jika Anda membuat judul yang mengundang klik dan luwes, justru kata kuncinya tak bisa masuk. Tapi tenang saja, bagi pengguna wordpress, Anda bisa memakai plugin All in One SEO Pack yang berguna me-rewrite title artikel. Dengan kata lain, Anda memiliki 2 judul dalam 1 postingan. Dimana satu judul untuk user/pembaca, dan 1 judulnya lagi untuk search engine.

Tulis Artikel yang Panjang dan Detail

Banyak orang berpendapat bahwa semakin panjang jumlah kata dalam artikel maka peringkatnya di mesin pencari pun akan semakin baik. Pendapat tersebut bisa saja benar dan bisa pula salah. Namun hal ini tergantung pada user experience-nya. Jika Anda dapat menulis artikel panjang dan tetap mengutamakan pengalaman pengguna, tentu ini lebih baik. Tapi jika bersikeras untuk menulis artikel yang jumlah katanya banyak hanya untuk mengejar target SEO, kami rasa tak akan bekerja dengan efektif.

Berdasarkan tips-tips di atas, bisa disimpulkan bahwa untuk menulis konten artikel untuk SEO diperlukan konten yang berbobot, namun tetap mempertimbangkan keyword sesuai porsinya!

20.58.00 | 0 komentar | Read More

Seperti Apa Perkembangan SEO di Indonesia? Berikut Rangkumannya!

zksnew.blogspot.com - Bagaimana SEO dapat berkembang dengan pesat d Indonesia sampai saat ini tentunya didukung oleh perkembangan penggunaan internet yang sangat pesat. Sebab, tak perlu diragukan lagi bahwa internet telah membuat proses pencarian dan penyampaian informasi menjadi begitu cepat dan efektif, bahkan efisien secara biaya dan waktu. Karena itu, tak heran kalau SEO lantas dimanfaatkan oleh para pemilik website atau blog, baik itu perusahaan besar, perusahaan UMKM, atau bahkan individu sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka.


SEO dan Mesin Pencari

Perkembangan SEO tak akan pernah lepas dari perkembangan mesin pencari. Sebab, teknik SEO dilakukan untuk meningkatkan peringkat dan nilai relevansi sebuah website berdasarkan kata kunci yang dimasukkan ke dalam mesin pencari alias search engine. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa tidak diketahui kapan tepatnya istilah SEO digunakan untuk pertama kali, nama SEO alias search engine optimization atau optimasi mesin pencari pun adalah nama yang masuk akal.

Perkembangan mesin pencari sendiri diketahui bermula sejak tahun 1990 sejak dibuatnya sebuah proyek sekolah yang berisikan arsip atau indeks berbasis teks berupa file yang bisa dibagikan lewat FTP atau File Transfer Protocol dengan nama Archie. Kemudian, lahirlah Gopher pada tahun 1992 yang merupakan search engine pertama yang memanfaatkan paradigm hypertext. Bertahun-tahun kemudian, tepatnya mulai dari tahun 1998, search engine akhirnya punya bentuk dan tampilan yang serupa seperti dengan search engine yang dikenal saat ini.

Pioner SEO

Selain berkaitan dengan perkembangan mesin pencari, perkembangan SEO pastinya juga berkaitan dengan perkembangan internet atau World Wide Web. Saat ini, mesin pencari didesain agar dapat melakukan pencarian menggunakan bahasa sehari-hari dan memunculkan hasil yang relevansinya signifikan.

Danny Sullivan adalah sosok yang dianggap sebagai pioner SEO lantaran penelitiannya mengenai mesin pencari yang dirilis pada April 1996. Penelitian tersebut lantas dikenal dengan judul “A Webmaster’s Guide to Search Engines”. Kemudian, Sullivan membangun website bernama Search Engine Watch di tahun 1997 yang membahas berbagai tips dan informasi, termasuk cara untuk memperoleh hasil baik pada search engine. Search Engine Watch lantas dijadikan sebagai acuan banyak pakar sebagai sumber yang wajib dibaca dan paling otoritatif bagi mereka yang ingin mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai mesin pencari.

SEO Sebagai Strategi Pemasaran di Indonesia

Seperti di luar negeri, perkembangan SEO pun termasuk menjadi salah satu strategi pemasaran, baik itu bagi pemilik usaha maupun profesional yang menawarkan jasanya, bahkan individu yang berbagi konten informatif di dalam blog mereka. Dan dengan perkembangan bisnis online saat ini, memanfaatkan SEO sebagai salah satu langkah memasarkan usaha secara online pun menawarkan solusi yang efektif dan efisien. Sebab, bayangkan saja bahwa keberadaan website Anda bisa diketahui oleh seseorang yang tinggal di pulau atau bahkan negara lain hanya dengan penggunaan teknik SEO yang tepat dan riset kata kunci yang baik!

Pengembangan SEO

Secara keseluruhan, maka perkembangan SEO dimulai dari kebutuhan untuk mengoptimasi website untuk membuat sebuah website mudah ditemukan ketika seorang pengguna internet memasukkan kata kunci tertentu. Dengan demikian, berbagai cara pun dicari agar website dapat mencapai peringkat yang lebih baik atau bahkan menempati peringkat utama di halaman hasil pencarian search engine.

Meski demikian, tentu saja teknik SEO yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut bukanlah sembarang SEO. Sebab, jika teknik yang dilakukan rupanya terlarang (blackhat SEO), maka efek negatifnya akan berdampak pada kelangsungan sebuah website.
08.33.00 | 0 komentar | Read More

Baru Pertama Kenal SEO? Ketahui Dulu Pengertiannya di Sini!

zksnew.blogspot.com - Seiring dengan perkembangan internet dan penggunaan mesin pencari alias search engine, istilah SEO atau search engine optimization perlahan makin familiar di tengah masyarakat. SEO saat ini telah dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan, baik itu UMKM maupun perusahaan multinasional, sebagai salah satu alat promosi dan pemasaran mereka.

Bagi Anda yang masih baru dalam dunia SEO atau sekadar ingin mendapatkan informasi tentang apa itu SEO, berikut ini adalah panduan singkat tentang pengertian SEO, penggunaan, dan manfaatnya. Selamat membaca!

Definisi SEO

Apa itu SEO? SEO merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk mengoptimasi serta memaksimalkan nilai relevansi dari sebuah halaman website supaya peningkatan ranking alias peringkat kata kunci diikuti dengan peningkatan jumlah pengunjung yang berasal dari mesin pencari Google. Secara keseluruhan, SEO dilakukan dengan melewati serangkaian proses yang sistematis, yang jika diringkas maka tahapannya adalah analisis, implementasi, dan laporan (report).

Teknik SEO

Dalam menerapkan SEO, terdapat beberapa teknik yang dilakukan dan secara umum teknik-teknik tersebut terbagi ke dalam 3 kategori: blackhat SEO, whitehat SEO, dan greyhat SEO.

Blackhat SEO.

Teknik ini merupakan teknik yang dilakukan untuk mempercepat peningkatan peringkat sebuah website pada hasil pencarian search engine, namun menggunakan cara-cara yang dapat berdampak buruk terhadap website tersebut, alias berbahaya atau ilegal.

Whitehat SEO.

Berbeda dengan blackhat SEO, teknik yang satu ini justru merupakan langkah terbaik jika seorang SEO specialist ingin mengoptimasi sebuah website dan meningkatkan peringkatnya pada halaman hasil pencarian search engine.

Greyhat SEO.

Teknik ini mengkombinasikan teknik blackhat dan whitehat SEO, tapi tetap perlu diwaspadai karena tetap saja beresiko membahayakan website yang dioptimasi.

Tujuan SEO

Tujuan dari SEO pada dasarnya adalah untuk meningkatkan traffic (angka kunjungan ke sebuah website) dengan tercapainya peningkatan peringkat website tersebut. Dan jika dirinci, tujuan SEO adalah sebagai berikut.

Meningkatkan angka traffic kunjungan pengguna internet.

Dengan menjadikan sebuah website jadi situs yang diklik paling banyak, maka jumlah pengunjung pun akan bertambah banyak.

Meningkatkan kualitas traffic kunjungan calon pelanggan produk sebuah website.

Pengunjung yang mengklik adalah mereka yang ditargetkan berdasarkan kata kunci yang dipilih pemilik website agar traffic yang masuk memang benar-benar berasal dari mereka yang membutuhkan dan mencari informasi maupun produk yang sebuah website tawarkan.

Mempertahankan angka dan kualitas traffic kunjungan secara berkelanjutan.

Dengan proses SEO yang baik serta riset kata kunci yang sesuai, maka peringkat bagus sebuah website di halaman hasil pencarian akan tercapai. Dengan begitu, tujuan utama dari SEO dapat tercapai pula.

Manfaat SEO

Banyak keuntungan dari pemanfaatan SEO bukan hanya bagi pemilik bisnis, tapi juga individu yang ingin websitenya semakin dikenal oleh masyarakat. Dan dari situ pula pemilik website maupun blog dapat mendapatkan keuntungan secara finansial.

Berikut ini adalah rangkuman manfaat SEO yang dapat dinikmati pemilik website:

Konversi Umum

Peningkatan popularitas serta otoritas website sehingga dapat dijangkau calon audiens, pengguna informasi, maupun konsumen produk yang ditarget dengan mudah.

Peningkatan otoritas, brand awareness, serta kepercayaan pelanggan dan komunitas terhadap perusahaan, individu, atau profesional yang menjadi pemilik website sehingga website mereka jadi referensi atau acuan.

Konversi Utama

Konversi umum menghasilkan konversi mikro, misalnya kunjungan kembali ke website yang di-SEO-kan, waktu kunjungan yang lebih panjang, serta berbagai interaksi lain yang menunjukkan penilaian positif dari pengunjung terhadap sebuah website.

Konversi mikro mendorong konversi makro, yaitu tercapainya tujuan utama sebuah website. Misalnya peningkatan angka transaksi penjualan untuk website e-commerce atau peningkatan angka pelanggan artikel terbaru untuk website informasi.

Itulah informasi ringkas mengenai pengertian SEO untuk memperkenalkan Anda kepada teknik satu ini. Semoga bermanfaat!
11.27.00 | 0 komentar | Read More

Tutorial Belajar SEO Bagi Pemula

zksnew.blogspot.com - Bagi pemula, belajar SEO merupakan hal yang sangat memusingkan. Sehingga dirasa perlu membuat panduan untuk menuntun kawan-kawan blogger pemula dalam melakukan optimasi SEO dengan bertahap. Untuk memahami SEO dengan mudah, kami akan berikan tutorial dan pengertian SEO itu sendiri.


Pengertian SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi yang dapat ditempuh untuk meningkatkan performa sebuah website, agar dapat terpanjang di rangking pertama pencarian Google. Ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap posisi website di hasil pencarian search engine. Tugas SEO ialah untuk menganalisa semua faktor sebagai sistem monitoring kinerja website.

Apa Tujuan Melakukan SEO?

Tujuan melakukan SEO dilakukan untuk meningkatkan trafik pengunjung. Lalu, kenapa harus mencari trafik pengunjung? Alasannya ialah trafik ini memiliki potensi bisnis dan nilai komersial tertentu. Jadi, banyak orang menghabiskan waktunya untuk belajar SEO dikarenakan sebagian besar oleh faktor ekonomi, untuk mencari penghasilan websitenya. Adapun masalah terbesar orang yang mempelajari SEO ialah ingin cepat menjadi master tanpa melewati prosesnya terlebih dulu. Jika Anda memiliki cara pandang yang sama, sebaiknya segera buang jauh-jauh, sebab dengan cara pandang tersebut bisa membuat Anda hanya stagnan di tempat.

Tutorial Belajar SEO Bagi Pemula

Bagi pengelola website, bisa masuk ke halaman utama hasil pencarian merupakan hal yang mutlak. Sebab setiap website sendiri berlomba meningkatkan SEO untuk menaikkan ranking page sehingga berdampak pada peringkat yang ditampilkan di mesin pencari. Untuk lebih jelasnya, berikut tutorial belajar SEO bagi pemula :

Mempelajari Riset Keyword

Keyword (Kata Kunci) adalah hal terpenting di dunia SEO, karenanya langkah awal untuk mempelajari SEO ialah dengan mempelajari kata kunci/keyword. Sebab pemilihan keyword (kata kunci) bisa meningkatkan rangking sebuah website sekaligus bisa memperburuk jika pemilihannya tidak tepat. Ada banyak layanan yang menyediakan fitur riset keyword, tapi disarankan jangan terlalu percaya sepenuhnya. Karena itu merupakan sebuah tools yang bisa membantu, namun masih harus tetap mempertimbangkan kesesuaian dengan isi atau konten web itu sendiri.

Konsisten Melakukan Update Artikel

Cara selanjutnya ialah dengan rajin membuat artikel. Jika Anda konsisten untuk selalu memposting artikel-artikel menarik, maka pengunjung setia lebih betah mengunjungi website Anda. Selain itu, secara langsung bisa meningkatkan traffic pengunjung website. Sementara menurut pakar sendiri, konsisten update artikel dapat memberikan jaminan terhadap toleransi kesalahan. Ini artinya dengan konsistensi membuat artikel, bisa menjamin pembaruan informasi. Di samping itu, search engine juga akan menilai keaktifan sebuah website tertentu dengan melihat konsistensi update artikel yang Anda lakukan.

Membuat Konten Menarik

Konten merupakan hal terpenting yang harus Anda pahami saat mempelajari SEO. Isi atau konten artikel ini bisa mendukung peningkatan peringkat website atau bahkan bisa membuat website Anda kena pinalti dan mustahil memperbaikinya kembali. Maka dari itu, dengan membuat konten menarik juga menjadi metode untuk mempelajari SEO bagi pemula. Dengan memperbarui konten bisa mempertahankan pengunjung web lama Anda menjadi tetap setia, sekaligus bisa menarik pengunjung yang baru.

Mendaftarkan Website Anda di Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools merupakan layanan gratis Google dan bertujuan untuk menilai performa dan kinerja website. Adapun kinerja website umumnya dapat dianalisis lewat tolak ukur Google, dengan demikian jika ada permasalahan bisa diselesaikan segera. Bagi pakar SEO, Google Webmaster Tools wajib dimiliki karena dapat melihat performa dari sebuah website.

Itulah beberapa trik belajar SEO bagi pemula yang harus Anda pahami untuk meningkatkan kinerja dan performa website Anda!
12.52.00 | 0 komentar | Read More

Pentingnya Traffic SEO dan Sumber-Sumbernya

Mengingat bahwa peningkatan baik volume maupun kualitas traffic sebuah website yang dioptimasi adalah tujuan dari SEO, maka keduanya jelas memiliki hubungan yang erat. Berikut ini adalah beberapa informasi penting mengenai traffic SEO yang perlu diketahui untuk mendapatkan pemahaman umum yang lebih mendalam. Selamat membaca!

Sumber Traffic SEO

1. Direct traffic.

Ini adalah kunjungan yang dilakukan oleh mereka yang memang langsung mengetikkan alamat sebuah website. Misalnya, Anda sudah sering mengakses Facebook sehingga Anda pun terbiasa langsung memasukkan alamat websitenya.

2. Referral traffic (rujukan).

Traffic yang satu ini menunjukkan kunjungan yang terjadi karena mengklik tautan di website lain. Misalnya, ketika Anda membuka website A, ada timeline berita dari website B di sebelah kanannya dengan judul menarik sehingga Anda mengklik tautan tersebut. Artinya, website B mendapatkan referral traffic dari website A.

3. Media sosial.

Secara khusus, Google Analytics pun mendeteksi adanya referral traffic yang berasal dari berbagai situs media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Google+, dan mengklasifikasikannya sebagai traffic yang berasal dari media sosial.

4. Search traffic.

Sementara itu, traffic SEO yang satu ini adalah traffic yang berasal dari hasil pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo! Terdapat 2 jenis search traffic, yaitu organic search yang asalnya dari pencarian yang tak berbayar, dan paid search yang asalnya dari program iklan PPC (pay per click), seperti Google Adwords.

5. Sumber lainnya.

Selain sumber-sumber di atas, traffic pun dapat dihasilkan dari sumber-sumber lainnya. Misalnya display, seperti banner yang dipasang di website lain. Email yang berasal dari aktivitas marketing seperti newsletter pun merupakan sumber traffic website.

Tentang Organic Search Traffic dan SEO

Pada dasarnya, strategi pemasaran digital mengincar traffic yang datang dari organic search karena traffic pencarian tersebut dapat dihasilkan tanpa berbayar. Inilah jenis traffic SEO yang dicari agar sebuah website yang dioptimasi dapat digunakan dengan lebih nyaman dan ditemukan dengan mudah oleh para pengguna internet.

Kualitas Traffic Organik

Alasan mengapa traffic SEO yang satu inilah yang dibutuhkan oleh para praktisi di bidang ini adalah karena kualitasnya. Karena traffic ini datang langsung dari mesin pencari, maka traffic ini pun dipandang lebih berkualitas. Hal ini dikarenakan traffic masuk tersebut terjadi karena pengguna internet yang memasukkan kata kunci tertentu di mesin pencari memang membutuhkan informasi yang tersedia pada website yang diakses. Dengan demikian, pengguna tersebut akan benar-benar mengakses isi website dan konten yang ada, sehingga ia pun menghabiskan waktu lebih panjang untuk membuka website tersebut. Dan hal tersebut pun berarti tidak ada peningkatan Bounce Rate website yang dikunjungi itu.

Cara Mengetahui Sumber Traffic Sebuah Website

Untuk mengetahui traffic sebuah website, Anda dapat menggunakan berbagai tools untuk Digital Analytics. Berikut ini adalah beberapa tools yang umum digunakan.

Google Analytics.

Tools ini merupakan standar industri untuk fungsi digital analytics. Anda hanya perlu mendaftarkan website Anda, kemudian pasang kode di halaman website Anda yang punya fungsi seperti sebuah tracker alias pelacak yang akan melacak jumlah traffic SEO.

Histats.

Tools ini juga punya fungsi serupa dengan Google Analytics. Anda pun dapat mendeteksi jumlah traffic dengan memasang kode tracking pada website yang sudah Anda daftarkan di sini.

SimilarWeb.

Untuk tools yang satu ini, Anda dapat memanfaatkannya untuk memantau traffic yang didapatkan oleh website kompetitor. 
12.49.00 | 0 komentar | Read More

Ini Kesalahan Dalam SEO yang Sering Dilakukan Oleh Pemula

Kesalahan dalam SEO (Search Engine Optimization) seringkali dilakukan oleh para pemula dalam upaya menaikkan performa website. Karena pada dasarnya masih jarang sekali, orang-orang mengerti dan mengenal pengertian SEO. SEO merupakan teknik yang dilakukan untuk memaksimalkan dan mengoptimasi nilai relevan dalam halaman website untuk meningkatkan rangking keyword (kata kunci) seiring bertambahnya traffic pengunjung berdasarkan pada search engine. Dengan banyaknya teknik SEO yang dilakukan, tak sedikit pemula yang belajar teknik SEO harus tumbang atau berhenti ditengah jalan.

Apa Saja Kesalahan Dalam SEO?

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan pengguna dalam belajar teknik SEO, diantaranya :

  1. Copas Artikel

Melakukan copas (copy paste) atau duplikat artikel adalah kesalahan paling fatal dalam SEO. Hal ini dikarenakan Google hanya memerlukan informasi yang original atau asli tanpa copy paste. Karena itulah, Anda dituntut untuk membuat artikel-artikel berkualitas yang masih fresh.

  1. Lupa Melakukan Riset Keyword

Kesalahan dalam SEO paling sering ialah lupa melakukan riset keyword. Jangan bingung jika website Anda sudah berada di posisi teratas Google namun masih saja tetap sepi pengunjung. Ini bisa saja terjadi karena Anda melupakan riset keyword dengan tepat.

  1. Keyword Stuffing

Tak jarang kita menemukan tulisan dengan banyak keyword, sehingga tulisan terkesan berantakan dan tidak nyambung, yang penting menyisipkan kata kunci/keyword dimana-mana. Ini termasuk kesalahan yang cukup fatal. Sebab banyaknya keyword yang Anda sisipkan, bisa menjadi suatu pelanggaran. Selain itu, keyword juga bukan satu-satunya faktor penentu untuk meningkatkan rank page website Anda, tetapi masih ada faktor-faktor lainnya, seperti kualitas tulisan, kualitas backlink, dan masih banyak lagi.

  1. Melupakan Internal Link

Melupakan internal linking juga termasuk kesalahan yang fatal. Ini dikarenakan internal link tersebut sangat penting untuk meningkatkan page view website, sekaligus merekomendasikan pada pihak pembaca supaya tidak bosan, jadi bisa terhindar dari penilaian bounce untuk rate website yang baik.

  1. Anchor Text Tidak Natural

Siapa sih yang tidak tertarik jika tulisannya dimasukkan ke tulisan blogger lain? Untuk yang memahami fungsi back link beserta efeknya pada artikel pasti menginginkan hal itu. Akan tetapi, dengan tulisan orang lain tentu kita tidak bisa mengontrol artikel tersebut. Padahal, jika ingin rangking web Anda di SEO meningkat, anchor text itu kan peranannya penting dan sebisa mungkin memakai keyword.

  1. Posting Artikel Dengan Jumlah Katanya Tidak Mencapai 300 Kata

Post yang baik menurut SEO itu adalah post yang bisa memberi value added atau manfaat bagi pembacanya. Jika Anda tulis artikel dengan jumlah kata hanya 300 atau bahkan kurang dari itu, apakah artikel tersebut bisa memberikan manfaat untuk pembaca? Karena itu, usahakan untuk menulis artikel atau konten dengan jumlah kata di atas 300, seperti 400 atau 500 kata, bahkan ada pula yang 1000 kata. Asalkan Anda membuat postingan artikel dengan konten yang lebih berisi serta informatif.

  1. Terlalu Fokus Untuk Mencari Backlink

Memang dengan mencari backlink yang sebanyak-banyaknya menjadi faktor terpenting bagi sebuah website, namun jangan sampai Anda terlampau fokus mencari backlink. Sebaiknya perhatikan terlebih dulu melakukan SEO on page, seperti membuat artikel berkualitas, internal linking, dan lain sebagainya.

Itulah kesalahan dalam SEO yang perlu diperhatikan, hal ini harus benar-benar diperhatikan untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut. Mengingat belajar teknik SEO membutuhkan waktu yang tidak cepat, karenanya Anda harus memahami teknik SEO dengan baik.


Artikel original zksblog.blogspot.com


Semoga bermanfaat

17.00.00 | 0 komentar | Read More